Bisnis reseller memiliki makna yang sama dengan bisnis distribusi, agen, toko, sampai lapak pengecer, yaitu menjualkan kembali produk milik orang lain. Bagi yang ingin berbisnis namun terkendala dengan modal, bisa memulainya dengan cara ini menjualkan kembali produk orang dengan menjadi reseller

Secara istilah reseller berarti menjual kembali, merupakan konsep sederhana dalam berbisnis yang sudah ada sejak dulu kala. Sebut saja misalnya perusahaan Coca Cola yang menciptakan produk minuman. Mungkin pembeli produknya tak memikirkan bagaimana rumitnya minuman itu sampai ke tangannya. Setelah dibungkus dalam botol kaca, produk ini diserahkan ke distributor untuk dijual lagi kea gen-agen. Dari agen, minuman botol ini dijual lagi ke para pemilik toko kelontong, lalu di jual lagi oleh warung pinggir jalan, dan akhirnya sampai lah ke pembeli. Nah, proses dari distributor hingga pedagang asonganlah yang dikatakan sebagai reseller Coca Cola. 

Itulah konsep dari bisnis reseller, tidak dibutuhkan kemampuan membuat produk, yang diperlukan hanyalah kemampuan menjual produk. Ada berbagai macam program reseller yang ditawarkan, ada yang harus membeli produknya dulu, beli brosurnya dulu, atau beli CD-nya dulu, dan lain-lain, artinya reseller diharuskan mengeluarkan uang dulu sebagai modal awal. Namun ada juga reseller yang tidak memerlukan modal sedikitpun, yang dibutuhkan hanya kepiawaian reseller dalam menawarkan produk reseller.

Walaupun tanpa modal, tapi bukan berarti tidak perlu ada pengeluaran sama sekali dalam mempromosikan produk reseller. Biar bagaimanapun apabila ingin mempromosikan secara online, kan juga harus beli pulsa untuk modem, atau kalau mau prospek calon pembeli harus juga ada dana untuk transportasi. Akan tetapi ditengah ramainya peluang bisnis, reseller jenis ini bisa menjadi peluang usaha dengan modal kecil.

Memang belum ada yang tahu pasti mana bisnis reseller yang paling baik, akan tetapi sebaik-baiknya bisnis pastinya yang bermodalkan sedikit atau kalau bisa tanpa modal, namun bisa mendatangkan untung yang besar. Seperti bisnis reseller genset portable ini, reseller hanya perlu mempromosikan atau menawarkan kepada target market bisa dilakukan secara online maupun offline, dan lebih enaknya lagi pada saat prospek calon pembeli akan dibantu dalam memprospek.

reseller genset portable tenaga surya

Bahkan yang lebih menguntungkan dari bisnis ini adalah komisi reseller akan dibayarkan pada saat pembeli sudah mentransfer uangnya. Jadi tidak perlu menunggu sampai sebulan atau sampai mencapai nominal tertentu, dan komisi yag ditawarkan cukup lumayan, yaitu 10% dari setiap penjualan. Sedangkan untuk urusan pengiriman sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemilik produk reseller. Dengan demikian kesempatan mempromosikan produk yang diberikan kepada para reseller semakin besar, untuk mengejar bonus awal bulannya yang juga bikin semangat jualan. Akan tetapi yang perlu diingat, reseller jangan sampai menjual dibawah atau diatas harga pasaran, karena kalau hal itu dilakukan pemilik produk akan menghentikan pesanan saat itu juga.

Walaupun ini adalah cara berbisnis yang konvesional, namun masih sangat relevan dijalankan dimasa kini. Dikarenakan banyak sekali orang yang ingin berwirausaha namun tidak punya produk untuk dipasarkan, atau tidak punya modal untuk memulai usaha. Namun dengan program reseller semacam ini, Anda pun bisa menjadikannya usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan keluarga. Keuntungan buat yang aktif di media sosial, aktifittasnya akan sangat membantu dalam mempromosikan produk dari mulut ke mulut. Jadikan peluang usaha ini sebagai momentum untuk menjadi wirausaha yang sukses, dan wirausaha mandiri.


genset portable tenaga surya

2 komentar: