Generator listrik portabel adalah solusi bagi Anda yang ‘mobile’. Syarat sebuah gadget dikatakan portable yaitu, ukurannya kecil dan ringkas, mudah dibawa bahkan bisa masuk kedalam tas, dan tidak memakan tempat dalam penyimpanan. Dikarenakan syarat tersebut para ahli berlomba mengembangkan teknologi yang bisa di gunakan dalam segala medan.

Untuk generator listrik berbahan bensin atau solar rasanya sangat sulit memenuhi syarat tersebut, karena sekecil-kecilnya generator listrik berbahan bakar bensin pasti memerlukan tanki untuk menampung bahan bakar. Untuk saat ini generator listrik portable berbahan bakar bensin di desain inbuilt dengan troli, untuk memudahkan pergerakan. Sehingga belum bisa dikatakan ringkas untuk di tenteng.

Satu set generator listrik berbahan bakar bensin terdiri dari sebuah alternator, mesin, tangki bahan bakar, dan perangkat lainnya yang secara komersial dikenal sebagai sebuah genset. Dalam generator listrik, ukuran merupakan kriteria utama. Semakin besar mesin, tentunya akan semakin kuat. Mesin yang kuat akan lebih banyak membutuhkan bahan bakar, jadi tangki bahan bakarnya akan lebih besar juga. Sehingga jumlah listrik yang dihasilkan oleh generator portabel berbahan bakar bensin sangat tergantung pada ukuran. 

Mungkin kita berpikir dalam genset portabel tidak perlu menginstal dan bisa disimpan di mana pun, namun sebenarnya ada beberapa tindakan pencegahan keamanan yang sangat penting yang harus diambil. Pencegahan primer yang harus dilakukan, jangan pernah meletakkan generator portabel di kongesti atau ruang yang penuh sesak (untuk mencegah keracunan karbon monoksida). Selain itu, harus mengisi bahan bakar hanya ketika telah benar dingin dan panas dan harus menggunakan sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia. 

Dalam hal perawatan untuk mengoptimalkan umur generator listrik berbahan bakar bensin, ada beberapa hal pokok yang harus menjadi perhatian serius. Perlu diperhatikan oli mesin jangan sampai telat atau kurang, hal ini berlaku untuk semua generator listrik berbahan bakar bensin dan solar. Pastikan juga oli yang digunakan adalah oli dengan kualitas yang baik. Juga memanaskan mesin dibutuhkan bagi genset atau generator listrik berbahan bakar bensin sebelum digunakan

genset portable tenaga surya


Namun dari hal tersebut diatas yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan bahan bakar bensin atau solar yang begitu besar akan berdampak pada lingkungan, juga pada keuangan si pemilik. Sekarang telah ditemukan generator listrik portabel tenaga matahari yang terbukti ramah lingkungan, dan tidak memerlukan tangki bahan bakar, sehingga ukuran dari generator listrik ini hanya sebesar tas laptop saja. Dengan bentuknya yang ringkas dan besarnya daya yang dihasilkan, maka bisa dipastikan kedepan teknologi ini akan menggantikan generator listrik berbahan bakar bensin atau solar. Ekonomis dan praktis seharusnya menjadi acuan dalam hal pemilihan generator listrik portabel, karena selain untuk memudahkan aktifitas kita, juga tentunya tidak menguras kantong kita.

Dari berbagai sumber


genset portable tenaga surya

0 komentar:

Poskan Komentar